gravatar

ROBOT PINTAR INDONESIA BISA MENARI


share on facebook

Tidak mau kalah dengan robot-robot luar negeri. Robot Indonesia mulai unjuk gigi di negeri sendiri. Setelah beberapa waktu lalu robot Indonesia menjuarai kontes robot di Amerika Serikat. Kali ini Kontes Robot Nasional 2011 diikuti oleh 101 tim dari 51 perguruan tinggi di Indonesia yang diselenggarakan di Gedung Grha Sabha Pramana UGM pada hari Sabtu dan minggu ini tanggal 11-12 Juni 2011.

Yang unik kali ini adalah robot yang bisa menari. Sesuai dengan temanya kali ini mengangkat tema Robot “Tari Klono Topeng”. Meski kaku, robot ternyata lihai menari. Kepiawaian mereka pun dipertandingkan dalam kontes Robot Seni Indonesia diikuti oleh 16 peserta. Robot-robot menggerakkan tubuh menari “Tari Kelono Topeng”, tarian klasik dari Jawa yang diambil dari kisah Menak Panji. Sebagian robot terlihat bisa membawakan tarian dengan baik sesuai alunan musik. Tapi banyak pula yang gagal. Misalnya berjalan ke arah yang salah atau cuma berputar-putar pada satu tempat, adapula yang jatuh saat jalan. Tak mudah memang membuat robot bisa menari. Diperlukan kemampuan lebih dalam merangkai isi perut sang robot agar gerakan terlihat lebih luwes.

Dalam Kontes Robot Indonesia kali ini ada lima kategori yang dipertandingkan, yaitu Kontes Robot Indonesia, Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) beroda, KRCI berkaki, KRCI battle, dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI). Tema KRI 2011 kali ini adalah Larungan ujar Ari Wibisono, selaku ketua Panitia KRN 2011.

Tema tersebut disesuaikan dengan Asia Pacific Broadcasting Union Robocon 2011 yang akan diadakan di Thailand, yaitu Loy Krathong, yang berarti melarung bunga teratai untuk dewi sungai. Sebanyak 24 tim akan bertanding di kategori ini. Juara kategori KRI berhak mewakili Indonesia dalam kontes robot di Thailand tersebut. Untuk kategori KRCI, total pesertanya berjumlah 61 tim. Khusus untuk kategori Battle, juara pertamanya akan mewakili Indonesia dalam ajang kompetisi RoboCup 2012 di Mexico.

Tim Barelang 5.1 dari Politeknik Negeri Batam berhasil menjuarai Kontes Robot Indonesia yang merupakan salah satu kategori dalam Kontes Robot Nasional 2011. Robot buatan mahasiswa Batam itu mengalahkan tim Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)."Tim yang berhasil mengalahkan Tim P-Next dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) itu berhak mewakili Indonesia dalam kontes robot ABU Robocon di Bangkok, Thailand, 9 September 2011," kata Ketua Panitia Kontes Robot Nasional (KRN) 2011 Muhammad Arif Wibisono.Posisi ketiga dalam kategori Kontes Robot Indonesia (KRI) bertema Larungan itu diraih Tim Harm-Vy dari Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya.

Pada kategori Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Beroda bertema Robot Pemadam Api juara I diraih Tim Hamazar dari Institut Teknologi Telkom (ITT) Bandung, juara II Tim R2C-Deus Vult (Universitas Kristen Satyawacana Salatiga), dan juara III Tim Warfire (UGM). Kategori KRCI Berkaki yang juga bertema Robot Pemadam Api, juara I diraih Tim Aqabah dari ITB Bandung, juara II Tim Barelang 2.1 (Politeknik Negeri Batam), dan juara III Tim Revecto (UI Jakarta).

Kategori KRCI "Battle" bertema Robot Pemain Bola itu juara I diraih Tim E-1205 dari PENS, juara II Tim Barelang 4.1 (Politeknik Negeri Batam), dan juara III Tim R2C-R7 (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga).

"Tim E-1205 dari PENS yang berhasil menjuarai KRCI ’Battle’ berhak mewakili Indonesia dalam kompetisi RoboCup 2012 di Meksiko," katanya. Ia mengatakan, pada kategori Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) bertema Robot Penari Klono Topeng, juara I diraih Tim Pandji Asmorobangun dari UI Jakarta), juara II Tim Satria 177 (ITTelkom Bandung), dan juara III Tim Be-Mask 2 (STMIK Teknokrat Telkom Bandar Lampung). Dikutip dari radarjogja, liputan6 dan kompas.com

DAFTAR ISI

Comment

Pengunjung Blog

http://blogbinawen.blogspot.com/ http://blogbinawen1.blogspot.com/ Hosting Gratis